Langsung ke konten utama

pengaruh media sosial terhadap perkembangan belajar siswa

Pengaruh media sosial terhadap perkembangan belajar siswa

BAB I
1.1 Latar belakang
       Media Sosial adalah situs atau aplikasi online yang banyak sekali di gunakan atau dipakai oleh semua kalangan usia. Dari anak - anak , remaja, dewasa, hingga lansia. Media sosial banyak sekali jenisnya. Mulai dari web pengetahuan hingga aplikasi yang menuju ke chat atau tren jaman kini. Biasanya media sosial digunakan untuk menggali informasi, chatting, belajar dan bahkan bermain. Contoh - contoh media sosial ialah :
  1. Wikipedia
  2. Forum
  3. Situs online
  4. Jejaring online
  5. Dll.
       Anak - anak jaman sekarang banyak sekali yang menggunakan media sosial ini. Mulai dari keperluan untuk belajar hingga bermain bersama teman - temannya. Bahkan di jaman sekarang kalau kita tidak memiliki atau mengerti menggunakan media sosial kita akan terlihat tidak gaul. Karna mulai dari kalangan anak kecil saja sudah memakai media sosial ini. Orang yang bekerja pun sangat memerlukan media ini untuk membantu mereka.
       Media sosial memiliki 2 dampak. Yang pertama dampak negatif dan yang kedua adalah dampak negatif. Biasanya keasikan bermain atau menggunakan media sosial dapat mengakibatkan kecanduan. Kecanduan ini lah yang tidak baik untuk pengguna. Perkembangan belajar siswa di sekolah pun juga dapat terganggu karenanya. Biarpun siswa memerlukan jejaring ini, siswa yang kecanduan media sosial juga mengakibatkan dampak buruk bagi mereka pribadi.
         Media sosial selain dapat menurunkan prestasi dan perkembangan belajar siswa. Dengan di tandai penurunan nilai belajar siswa, konsentrasi siswa, bahkan kemauan belajar siswa. Selain itu media sosial juga dapat memicu keributan antara sesama. Karna media sosial ini bersifat terbuka, semua orang dapat menggunakannya tanpa pengecualian. Sehingga jika kita salah menulis atau salah maksud, orang lain yang membacanya akan salah paham sehinnga timbullah keributan itu sendiri.
          Faktanya adalah bahwa Peneliti Michigan State University (MSU) telah melakukan penelitian. Bahwa penggunaan laptop untuk membrowsing pelajaran adalah siswa menggunakan sekitar 37 menit untuk hal - hal yang lain. Seperti membuka email, belanja online, dan media sosial lainnya. Sehingga pengaruh menggunakan media sosial sebagian besar salah digunakan oleh orang - orang sekitar kita termasuk kita sendiri.
           Penelitian ini penting untuk menyadarkan kita dan sesama kita bahwa penggunaan media sosial yang salah. Dapat memperburuk tingkat perkembangan belajar siswa untuk anak yang masih sekolah. Akibat kecanduan menggunakannya mereka menjadi keasikan bermain medsos (media sosial) hingga lupa akan pelajaran mereka. Menggunakan media sosial sangatlah baik apabila pengguna dapat mengatur cara pemakaian.

1.2 Rumusan Masalah
  1.  Apakah Media Sosial itu?
  2.  Apakah media sosial berdampak bagi perkembangan belajar siswa ?
1.3 Tujuan
  1.  Agar pengguna mengerti bahwa media sosial itu penting tetapi kita harus dapat mengatur cara pemakaiannya.
  2. Untuk siswa atau murid yang masih sekolah, dapat mengetahui media sosial berdampak besar bagi perkembangan mereka di sekolah.
1.4 Manfaat
  1. Media sosial sangat bermanfaat untuk menghubungkan orang yang jauh menjadi dekat, memberi pengetahuan, membantu pembelajaran, memberi relax kepada otak kita yang sedang jenuh dan masih banyak lagi.
  2. Agar semua pengguna media sosial terutama kalangan siswa yang masih sekolah, mengerti pengaruh - pengaruh dari dampak ini. Dan dapat memakai media sosial dengan bijaksana. Sehingga tidak mengganggu proses dan perkembangan belajar siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang saya

hai! Kenalin nama gue Angeline Valencia. Biasanya temen gue panggil gue Angel. Gue lahir di Jakarta, 7 Febuari 2001. Ya sekarang gue uda 16 tahun. Gue duduk di bangku kelas 11 sekolah Kristen Kanaan. Gue anak kedua dari 2 bersaudara. Sekarang gue mau bagi cerita tentang diri gue. Gue punya hobi ya lumayan banyak lah. Mulai dari tidur, nonton, denger lagu, maen badminton. Gue ga terlalu bisa sih main badminton, tapi gue suka ikut koko gue maen ya jadi seengganya gue bisa lah maen badminton. Kalo buat idola sih gue mengidolakan Calum Hood 5SOS. Karna Calum memiliki suara yang enak di dengar dan bakatnya dalam bermain gitar bas. Oke segini dulu cerita gue.. Terima kasih yang telah membaca! God Bless You!

Perjalanan Cornelis De Houtman

Haloo bloggers!! Selamat malam semuaa! Kali ini gue mau berbagi artikel nih tentang Cornelis De Houtman, yuk baca. Cornelis De Houtman lahir di Gouda Holland Selatan, Belanda, 2 April 1565 - meninggal di aceh, 11 september 1599 pada umur 34 tahun. Ia merupakan saudara dari Frederik de Houtman adalah penjajah yang menemukan jalur pelayaran dari eropa ke indonesia dan berhasil memulai perdagangan rempah - rempah bagi Belanda. Cornelis de Houtman ini juga mempunyai latar belakang yang ga kalah seru nih, simak ya.. Latar belakang di mulainya penjajahan : Pada tahun 1592 Cornelis de Houtman dikirim oleh para pedagang Amsterdam ke Lisboa untuk menemukan sebanyak mungkin informasi mengenai Kepulauan Rempah - rempah. Pada saat de Houtman kembali ke Amsterdam, Jan Huygen van Linschoten juga kembali dari India. Para pedagang tersebut memastikan bahwa Banten merupakan tempat yang paling tepat untuk membeli rempah - rempah. Lalu pada tahun 1594 mereka mendirikan compagnie van Verre yang ber...

Dia inspirasi cerita ku

Hari pertama sekolah telah tiba. Aku memasuki jenjang SMA. Hari pertama terasa membosankan, banyak anak baru dan orang - orang baru yang tidak ku kenal. Suasana baru, hal baru, sekolah baru dan banyak hal baru. Aku dan anak - anak baru lainnya menjalankan masa orientasi siswa. Berlangsung selama 2 hari. Dan tidak ada kesan sama sekali di saat itu. Aku belum tertarik dengan anak - anak yang baru itu. Menurut ku mereka semua membosankan. Hari demi hari kulewati. Berkenalan mulai dari anak yang sekelas dengan ku hingga berkenalan dengan anak di kelas sebelah. Mereka seru, tapi belum ada yang menarik perhatian ku. Nama dia, sering ku dengar melalui teman - teman ku yang bercanda dengannya. Namanya, selalu ku dengar saat jam istirahat. Namun aku masih belum mengenal dia hingga ngobrol dengannya. Dan suatu hari, dia bertengkar dengan teman sekelas ku. Aku sempat mengira dia anak yang nakal. Tetapi pikiran ku salah. Akan ku ceritakan 'dia' pada cerita ini. Suatu hari, pada musim pan...